Senin, 25 Agustus 2014

MYOB KELAS XII



MATERI MYOB 
kelas XII

1.      MEMBUAT PROFILE PERUSAHAAN
§  Klik create
§  Isi identitas perusahaan sesuai dengan data yang tersedia
Company Name          : di isi dengan nama perusahaan
Company no                : dikosongkan
VAT no                       : dikosongkan
A.B.N                         : dikosongkan
Address                       : di isi dengan alamat tempat perusahaan berada
Phone number             : di isi dengan nomor telphon perusahaan
Fax number                 : di isi dengan nomor fax perusahaan
E-mail Addres             : di isi dengan alamat e-mail perusahaan
§  Klik next
§  Pada lajur current financial year isi dengan tahun neraca awal (trial balance) yang sesuai di lembar soal
§  Lajur Last month of financial year diganti bulan Desember (dilihat soal pada periode akuntansinya dari bulan apa ke bulan apa kalau bulan desember-januari maka dibuatnya desember-januari, kalau desember-november maka dibuatnya desember-november)
§  Lajur Convertion month diganti ke bulan Januari
§  Lajur Number of Accounting Periods tetap twelve/dua belas
§  Klik next
§  Pada kolom Build your account list pilih yang ke dua I would like to import … dst, dengan cara mengklik lingkaran kecil tepat didepan teksnya
§  Klik next
§  Klik next (kita tidak melilih cange karna kita tidak menyimpan pada folder khusus, kecuali kita akan menyimpan pada folder/file khusus maka kita pilih cange)
§  Kemudian kita klik Command Centre 

2.      MEMBUAT TAX CODES
§  Klik menu lists
§  Pilih tax codes
Catatan : Kemudian kamu hapus semua list pajak kecuali GST, NT dan VAT, biasanya berpasangan GST dan NT, kalau tidak NT dan VAT. Akan tetapi selain nama pajak tersebut dihapus. Dengan cara Klik kanan pada nama pajak kemudian pilih delete tax code
§  Klik GST/VAT
Tax code         : PPN (isi dengan nama pajak)
Description     : Pajak Pertambahan Nilai (isi dengan kepanjangan nama Pajak)
Tax type          : Goods Service Tax/Value Added Tax
Rate                : 10% (isi sesuai permintaan pada soal)
Linked account for tax collected        : VAT out/Trade Creditors/Outcome
Linked account for tax paid               : VAT in/Trade Debtors/Income
Linked card for inland revenue          : dikosongkan

3.      DAFTAR CUSTOMER
Ke menu Command Centres
§  Pilih Card File
§  Pilih Card List (ctrl+F)
§  Klik Tab Customer (pada baris atas)
§  Klik New (pada bagian bawah)
Name               : Techno Computer (isi dengan nama perusahaan yang menjadi customer)
Card Id                        : C001 (isi dengan nomor)
Location          : Jl… (isi dengan alamat perusahaan)
City                 : … (isi dengan nama kota tempat perusahaan berada)
State                : +62 (isi dengan kode negara)
PostCode         : … (isi dengan kode pos kalau ada)
Phone#1          : … (isi dengan nomor telephon perusahaan)
Fax                  : … (nomor fax kalau ada)
e-mail               : (alamat e-mail kalau ada)
Website           : … (alamat website kalau ada)
§  Klik Oke
Catatan :
- Ulangi cara tersebut diatas untuk menambahkan daftar nama customer
- Pada saat pertama membuka card list, bisa juga tidak mengklik tab custumer, karna pada saat kita akan membuat daftar customer kita cukup merubah card type dapa lajur diatas nama perusahaan
- apabila sudah selesai menambahkan customer maka di close

4.      DAFTAR SUPPLIER
Ke menu Command Centres
§  Pilih Card File
§  Pilih Card List (ctrl+F)
§  Klik Tab Supplier (pada baris atas)
§  Klik New (pada bagian bawah)
Name               : PT. Makmur Jaya (isi dengan nama perusahaan yang menjadi customer)
Card Id                        : S001 (isi dengan nomor)
Location          : Jl… (isi dengan alamat perusahaan)
City                 : … (isi dengan nama kota tempat perusahaan berada)
State                : +62 (isi dengan kode negara)
PostCode         : … (isi dengan kode pos kalau ada)
Phone#1          : … (isi dengan nomor telephon perusahaan)
Fax                  : … (nomor fax kalau ada)
e-mail               : (alamat e-mail kalau ada)
Website           : … (alamat website kalau ada)
§  Klik Oke
Catatan :
- Ulangi cara tersebut diatas untuk menambahkan daftar nama customer
- Pada saat pertama membuka card list, bisa juga tidak mengklik tab supplier, karna pada saat kita akan membuat daftar supplier kita cukup merubah card type dapa lajur diatas nama perusahaan
- apabila sudah selesai menambahkan supplier maka di close

5.      DAFTAR SALDO PIUTANG DAGANG
§  Klik Menu Setup
§  Pilih Balances
§  Pilih Customer Balances
§  Pilih nama customer contoh yang pertama Techno Komputer (klik tanda panah didepan nama perusahaannya)
§  Klik Add Sale (mucul tampilan berikutnya) selanjutnya
§  Tekan Enter pada keyboard
Invoice            #          : F-11/12 (isi dengan nomor faktur)
Date                 : .. (isi dengan tanggal yang tercantum pada daftar saldo piutang dagang)
Customer PO#: …(dikosongkan)
Memo              : isi dengan Saldo Awal Piutang
Total Including tax : 34000000 isi dari angka kolom JUMLAH/TOTAL (sebelum PPN)   jangan gunakan Rp/tanda titik pada penulisan nominal
Tax Code         : isi dengan PPN (hasil angka yang keluar pasti sama dengan angka pada PPN outcome pada tabel)
§  Klik Record
§  Klik Oke
Catatan :
-   Untuk saldo piutang berikutnya setelah kamu klik oke, kita tinggal merubah list customer detail pada bagian atas dengan nama custumer berikutnya yang belum. Adapaun caranya sama seperti cara diatas pada saat pembuatan saldo piutang Techno Computer
-   Apabila dafrar saldo piutang sudah semua dicatat maka akan ada tampilan pop up yang berisikan “Congratulations!”ini menandakan data yang anda buat pada pencatatan ini selesai/benar lalu klik Oke.

6.      DAFTAR SALDO UTANG DAGANG
§  Klik Menu Setup
§  Pilih Balances
§  Pilih Supplier Balances
§  Pilih nama supplier yang pertama PT.Makmur Jaya (klik tanda panah didepan nama perusahaannya)
§  Klik Add Purchase (mucul tampilan berikutnya) selanjutnya
§  Tekan Enter pada keyboard
PO                   : C.15234 (isi dengan nomor faktur)
Date                 : .. (isi dengan tanggal yang tercantum pada daftar saldo utang dagang)
Supplier Inv#   : …(dikosongkan)
Memo              : isi dengan Saldo Awal Utang
Total Including tax : 23100000 isi dari angka kolom JUMLAH/TOTAL (sebelum PPN)   jangan gunakan Rp/tanda titik pada penulisan nominal
Tax Code         : isi dengan PPN (hasil angka yang keluar pasti sama dengan angka pada PPN outcome pada tabel)
§  Klik Record
§  Klik Oke
Catatan :
-   Untuk saldo utang berikutnya setelah kamu klik oke, kita tinggal merubah list supplier detail pada bagian atas dengan nama supplier berikutnya yang belum. Adapaun caranya sama seperti cara diatas pada saat pembuatan saldo utang PT. Makmur Jaya
-   Apabila dafrar saldo utang sudah semua dicatat maka akan ada tampilan pop up yang berisikan “Congratulations!”ini menandakan data yang anda buat pada pencatatan ini selesai/benar lalu klik Oke.

7.      DAFTAR NAMA PERSEDIAAN BARANG DAGANG
Kembali ke menu Command Centre
§  Klik Inventory
§  Pilih Items List
§  Klik New (dibagian bawah)
Item number    : 1230P (isi dengan kode)
Name               : IBM P-230 (isi dengan Nama Item)
beri tanda centang pada kotak tepat didepan teksnya, di lajur dibawah ini
I buy this item (pada saat barang ini dibeli maka akan mengurangi kas)
I sell this item (pada saat barang ini di jual maka akan menambah pendapatan)
I inventory this item (pada saat barang ini disimpan maka akan menjadi inventaris/asset)
Kemudian pada lajur dibawah ini :
Cost of sales account : isi dengan 5-1100 Cost Of Goods Sold (dengan cara klik tanda padah disamping kotak kosong, setelah itu akan muncul pilihan nama account cari nama account tersebut lalu klik nama accountnya kemudian pilih use account)
Income Account for Tracking Sales : isi dengan 4-1100 Sales (sama caranya pada saat merubah cost of goods sold)
Assets account for item inventory : isi dengan 1-1500 Merchandise Inventory (sama caranya pada saat merubah cost of goods sold)
§  Klik Oke Lalu klik lagi Oke
§  Kemudian Klik Tab Selling Details
Tax code when sold                : PPN (isi dengan PPN)
Selling unit of Measure           : UNIT (isi dengan satuan UNIT)
§  Kemudian Klik Tab Buying Details
Tax code when bought            : PPN (isi dengan PPN)
Buying unit of Measure          : UNIT (isi dengan satuan UNIT)
§  Klik Oke
Catatan :
Untuk nama persediaan berikutnya sama seperti diatas, untuk rinciannyapun biasanya otomatis, jadi kita tinggal mengecek rinciannya saja harus sama seperti yang diatas.

8.      SALDO AWAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG
Kembali ke menu Command Centre
§  Klik Inventory
§  Pilih Count Inventory (Akan muncul daftar table persediaan barang)
§  Pada colom Counted untuk IBM kita isi 20 (sesuai yang ada disoal) untuk Accer kita isi 16
§  Klik Adjust Inventory
§  Pilih Account 1-1500 Merchandise Inventory
§  Klik Continue
§  Klik Opening Balances
Date                 : isikan tanggal sesuai yang ada disoal
Memo              : Inventory Count
Unit Cost         : isi dengan harga Price/Unit dicontoh soal untuk IBM 16000000 (pada saat mengetik jangan gunakan Rp atau tanda titik)
§  Klik Record

apabila ada kesalahan pengetikan kata harap dimaklum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar